Wednesday, November 29, 2017

Begini Ceritanya Bondan Winarno Menemukan Istilah 'Maknyus' yang Sangat Populer Itu


KapanOke.com | Presenter kuliner terkenal, Bondan Winarno meninggal dunia pada pukul Rabu (29/11), pukul 09.05 WIB di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta Pusat.Pria bernama lengkap Bondan Haryo Winarno ini identik dengan jargon “Pokoke Maknyus!” saat menilai kelezatan makanan di sebuah acara kuliner televisi.

Kira-kira, dari mana ya Bondan Winarno menemukan ide menggunakan kata maknyuss untuk memuji kelezatan makanan?Ternyata, hal itu mucul karena seringnya Bondan Winarno makan bersama dengan sastrawan Umar Kayam dan Gunawan Muhammad.

Setiap menemukan makanan enak, Umar Kayam selalu berkata, "Ini maknyus."Gegara sering mendengar Umar Kayam bilang maknyus, Bondan pun ketularan. Hingga pada saat syuting acara kuliner di sebuah stasiun televisi, Bondan keceplosan mengucapkan kata maknyus.
Eh, tak dinyana, banyak orang yang suka. AGEN BANDARQ

Maka kata maknyus pun menjadi jargon Bondan Winarno di acara kuliner tersebut.Bondan Winarno sendiri lahir di Surabaya, Jawa Timur, 29 April 1950.

Sebelum terkenal sebagai presenter televisi, Bondan Winarno pernah menekuni dunia jurnalistik. Kariernya cukup moncer dan sempat menjabat pemimpin redaksi koran Suara Pembaruan.
Bondan juga memelopori dan menjadi ketua Jalansutra, suatu komunitas wisata boga yang sangat terkenal di Indonesia. AGEN BANDARQ 

Pada 2014 Bondan sempat mencoba peruntungan di dunia politik.Dia mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI dari Partai Gerindra. Saat itu Bondan maju dari dapil Jakarta Selatan, Pusat, dan luar negeri.
Namun, dia tak lolos menjadi wakil rakyat. Saat itu Bondan meraup 22 ribu suara, kalah dari Biem Benjamin yang mendapat 47 ribu suara.

0 comments:

Post a Comment